Kodim 1608/Bima, Koramil 03/Sape: Bawang Sape Menjadi Komoditas Unggulan

Header Menu

Cari Berita

Iklan Media



Kodim 1608/Bima, Koramil 03/Sape: Bawang Sape Menjadi Komoditas Unggulan

Minggu, Februari 07, 2021

Kabupaten Bima - Kodim 1608/Bima, Koramil 1608-03/Sape beserta jajarannya, membidik bawang sape sebagai program unggulan yang di tanam di lahan seluas 45 are di desa Oi Maci Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Ahad, 07/02/2021

Bawang merah merupakan salah satu bumbu penentu rasa dalam setiap masakan, sperti istilah (bagaikan sayur tanpa garam) mungkin itulah yang bisa di sanding kan, selain sebagai pelengkap bumbu dapur, bawang merah juga baik untuk kesehatan seperti melancarkan sirkulasi darah, memperlancar penyebaran oksigen ke area – area penting dalam tubuh.

Untuk itu Koramil 1608-03 sape beserta masyarakat bahu membahu menanam tanaman bawang merah yang juga mempunyai nilai jual yang cukup menjanjikan.

Dalam penanganan penanaman bawang merah, ada beberapa proses yang harus di jalani selama tanam sampai waktu panen tiba.

Seperti yang di sampaikan oleh Sertu Ridwan Babinsa Koramil 1608-03/Sape, bahwa  jangka waktu dalam penanaman bawang merah dari Tanam sampe panen berkisaran 60 s/d 65 hari. 

“Sertu Ridwan juga menambahkan penanaman juga bukan hanya ditanam dan disiram saja akan tetapi ada proses yang harus dilakukan, yaitu pemberian pupuk sekitar 2 Minggu sekali, dan yang paling penting adalah melakukan pembersihan rumput-rumput liar yang tumbuh di sekitaran tanaman bawang seperti yang di lakukan pada pagi hari ini”

“Lanjutnya , Pembersihan biasanya dilakukan 2-3 kali selama proses penanaman sampai waktu panen tiba, pembersihan ini bertujuan untuk pertumbuhan bawang lancar dan mencapai hasil yg maksimal”.

Semoga bawang merah yang kami tanam ini mendapat hasil yang maksimal agar dapat meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya di desa Oi Maci Kecamatan Sape Kabupaten Bima”. Pungkasnya. (Red)